Minggu, 31 Juli 2011

sukses Ramadhan 1432 H yuuk

muslimah,  laksana mutiara di dasar lautan
(begitu berharga, sangat terjaga)

edisi Bulan Ramadhan


Ramadhan, bulan yang teramat mulia, banyak sekali keberkahan di bulan ini. Allah melipatgandakan pahala bagi siapa saja yang ikhlas beribadah pada-Nya. 

Ibadah yang erat sekali dengan Ramadhan adalah puasa, shaum Ramadhan selama 1 bulan (29/30 hari).


Bagi seorang muslimah sudah menjadi hal yang wajar jika ada di antara kita yang jarang sekali bisa melaksanakan puasa full 1 bulan. Bukan karena enggan berpuasa, tapi karena memang tidak boleh berpuasa pada saat-saat itu (dapet tamu spesial, red)


Meskipun demikian, jangan bersedih  hati ataupun bermuram durja, masih ada banyak amalan yang bisa kita lakukan di bulan Ramadhan ini. Salah satu diantaranya adalah dengan memasak atau memberikan makanan untuk buka puasa (ta'jil). karena seseorang yang memberikan makanan untuk berbuka puasa maka dia memperoleh pahala seperti pahala orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala dari orang yang menerima makanan buka darinya.


Amalan yang juga sering dilakukan di bulan Ramadhan adalah tilawah (baca Al-Qur’an), bisa dilakukan bersama-sama berupa tadarusan setelah shalat tarawih ataupun dilaksanakan sendirian.Tilawah ini akan sangat baik jika kita menargetkan setidaknya bisa khatam minimal 1 kali selama bulan Ramadhan.

Lantas bagi muslimah bagaimana mencapai tergetan itu ya ???


Nah, berikut ada sedikit tips yang semoga bisa menjadi solusi.

Al-Qur'an terdiri dari sekitar 600 halaman, kalau dibagi dalam 30 hari maka diperoleh 20 halaman untuk tiap harinya, setidaknya ini setara dengan 1 juz.

Mungkin ada diantara kita yang masih belum terbiasa membaca Al-Qur'an 1 juz tiap hari, tapi jika kita membagi 20 halaman tadi menjadi 5 kali sesuai dengan jumlah sholat fardhu sehari semalam, maka akan terasa lebih ringan karena setiap kali sholat kita setidaknya membaca  4 halaman saja dari total jatah 20 halaman per hari. Kalau 4 halaman itu masih terasa banyak, bisa juga kita baca 2 halaman sebelum sholat dan 2 halaman lagi setelah sholat. Jika kita bisa rutin melaksanakannya , insyaAllah khatam Al-Qur'an selama bulan Ramadhan bukanlah hal yang mustahil untuk dilakukan, bahkan bagi para muslimah sekalipun.


Siapkan diri untuk menjemput keberkahan di bulan Ramadhan ini, karena belum tentu kita bisa bertemu dengan Ramadhan selanjutnya.


Bisa jadi ini adalah Ramadhan terakhir yang kita lalui.



Gagal mempersiapkan berarti mempersiapkan kegagalan.


So, persiapkan diri agar sukses Ramadhan.










*karena wanita ingin dimengerti karena muslimah begitu berharga*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

terima kasih sudah berkunjung :)
silakan berbagi kesan, pesan & inspirasi Anda